oleh

Pertama di Sulut, Pemkot Tomohon Teken MoU Pengawasan Netralitas ASN Dengan Bawaslu

TOMOHON, kawanuaterkini.co.id Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menjadi yang pertama di Sulawesi Utara (Sulut) melakukan kerjasama dengan pihak Bawaslu, terkait Pengawasan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), pada Pilkada 2020 ini.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama atau MoU antara kedua pihak, di Ruang Rapat Wali Kota Tomohon, Kamis (16/7) 2020.

Kerjasama ini diteken langsung oleh Wali Kota Jimmy F Eman dan Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan, serta disaksikan oleh Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, Sekretaris Daerah Harold Lolowang, Komisioner Bawaslu Tomohon Irvan Dokal dan Steffen Linu, serta Assisten Satu Setdakot Tomohon Toar Pandeirot.

Kesempatan itu, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda mengapresiasi Pemkot Tomohon dalam hal ini Wali Kota, karena kerjasama ini pertama kali terjadi di Sulut. Bahkan, di Indonesia hanya beberapa daerah.

“Sepanjang saya tahu dan aktif sebagai penyelenggara, belum pernah ada kerjasama yang ditandatangani oleh Bawaslu atau Panwas dengan pemerintah. Termasuk di tingkat provinsi Sulut,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Jimmy F Eman mengatakan, dengan adanya penetralitasan unsur-unsur ASN ini tentunya diharapkan Pilkada di Kota Tomohon dapat berjalan dengan baik.

“ASN mempunyai hak politik. Tapi dengan aturan-aturan yang ada, dari sisi keterbatasan banyak hal yang melekat pada ASN untuk tidak memihak atau berkampanye kepada calon-calon,” tuturnya.

Eman pun berharap, dengan motivasi yang dilakukan bersama antara Pemkot Tomohon dan Bawaslu, akan menjadi contoh kepada kabupaten kota lain, juga untuk mendorong ASN lebih memahami aturan-aturan agar tidak terjebak.

“Bukan berarti ASN tidak bisa memilih, tapi ada ranah-ranah yang tidak boleh dimasuki oleh ASN. Saya berharap, ini akan menjadi suatu bagian motivasi dan dorongan bagi kami untuk lebih mensukseskan Pilkada, serta para ASN bisa lebih memahami aturan-aturan yang ada,” tukasnya.(jil)

Terkini