oleh

Polres Tomohon Sosialisasikan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa

TOMOHON, kawanuaterkini.co.id- Polres Tomohon melalui Satuan Binmas melakukan sosialisasi terkait ‘Peningkatan Kapasitas Aparat Desa’, kepada 39 Kepala Desa dan sekira 120 Aparat Desa di tiga Kecamatan, yaitu Sonder, Tombariri dan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa dalam wilayah hukum Polres Tomohon.

Suasana sosialisasi yang digelar di Kecamatan Sonder.

Materi disampaikan langsung oleh Kapolres Tomohon AKBP Bambang A Gatot, melalui Kasat Binmas Iptu Jhonny M Kreysen. Kegiatan yang digelar sejak Senin (20/7) 2020 hingga Rabu (22/7) 2020 ini, dilaksanakan di sejumlah tempat, yakni di BPU Desa Talikuran Kecamatan Sonder dan BPU GMIM Desa Kauneran Kecamatan Sonder, BPU Desa Ranotongkor Kecamatan Tombariri Timur, serta di BPU Desa Borgo Kecamatan Tombariri.

Dikatakan Kreysen, ada sejumlah poin prioritas yang menjadi fokus pada sosialisasi ini. Pertama, Koordinasi lintas Sektoral (Tiga Pilar Desa) tentang masalah kasus tanah berkenaan dengan panen raya cengkeh, biasanya banyak yang terlibat tindak pidana.

Suasana sosialisasi yang digelar di Kecamatan Tombariri Timur.

Kedua, aktifkan kelompok keamanan di desa yaitu Aparat Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dibantu Linmas, serta stakeholder lainnya di bawah koordinator Kepala Desa. Ketiga, Pengelolaan ADD dan Dana Desa, harus dengan baik dan benar, pastikan tidak terjebak pada masalah hukum.

Keempat, September 2020 nanti, tahapan Pilkada segera akan dimulai, maka tiga pilar yang ada di desa untuk mengoptimalkan penggalangan terhadap pendukung paslon, agar tidak ada terjadi saling ejek satu dengan yang lain.

Suasana sosialisasi yang digelar di Kecamatan Tombariri.

Kelima, disiplin pelaksanaan masalah protokol kesehatan dengan adanya Pandemi Covid-19. Sebelum memberikan himbauan kepada masyarakat, aparat desa yang lebih dulu betul-betul melaksanakan disiplin dalam keseharian tentang Covid-19.

“Tiga pilar tangguh yang sukses berperan dalam membangun Kamtibmas adalah Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” pungkasnya.(jil)

Terkini