oleh

Kuli Tinta Tomohon Kecam Pembunuhan Wartawan di Mamuju

TOMOHON, kawanuaterkini.co.idAksi pembunuhan terhadap Demas Laira salah satu wartawan di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar), dikecam keras oleh seluruh wartawan yang meliput di Kota Tomohon.

Kecaman kepada pelaku pembunuhan itu diutarakan saat digelarnya Aksi Damai oleh seluruh Kuli Tinta Liputan Tomohon, Sabtu (22/8) 2020, bertempat di Menara Alfa Omega Kota Tomohon.

Dalam orasinya, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tomohon Jhon Paransi meminta, agar pihak aparat hukum mengusut tuntas kasus pembunuhan terhadap rekan sesama profesi ini.

“Kami memohon kepada pihak Polri maupun TNI untuk mengusut tuntas dan menangkap pelaku pembunuhan beserta dalangnya. Karena perbuatan ini sangat keji dan kejam. Kami sangat mengecam akan perbuatan ini,” tegasnya.

Ditambahkan, Yongky Sumual wartawan media online Kabar Daerah yang juga rekan se-media dengan almarhum, profesi ini dilindungi oleh undang-undang maka jangan semena-mena melakukan kejahatan, apalagi berkaitan dengan pemberitaan.

“Jika ada keberatan atau tidak senang atas pemberitaan yang kami terbitkan, sesuai undang-undang pers ada hak jawab. Bukan melakukan tindak kejahatan bahkan pembunuhan seperti yang terjadi kepada rekan kami ini. Kami mengecam keras pembunuhan ini. Kami minta kepada aparat hukum untuk menindak tegas pelaku, kalau perlu hukum mati,” pungkasnya.

Sementara itu, aksi damai yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini, turut diawasi oleh pihak Polres Tomohon, Koramil 1302-06 dan Satpol-PP, serta berjalan dengan aman dan tidak ada tindakan anarkis.(jil)

Terkini