oleh

Pelaku Usaha Mikro di Tomohon Akan Terima Banpres Melalui Pemkot

TOMOHON, kawanuaterkini.co.idKabar gembira bagi warga Kota Tomohon, khususnya para Pelaku Usaha Mikro. Pasalnya, ditengah pandemi Covid-19 ini Presiden RI Joko Widodo memprogramkan pemberian Bantuan Presiden (Banpres) Produktif, melalui Kemenkop dan UKM RI.

Dana ini bersumber dari APBN yang disalurkan langsung ke rekening pelaku usaha mikro, melalui bank-bank yang telah ditunjuk dalam hal ini bank BRI dan BNI.

“Banpres Produktif ini merupakan dana hibah bukan pinjaman atau kredit dan tidak dipungut biaya dalam penyalurannya,” jelas plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon, ODS Mandagi, Senin (31/8) 2020.

Diterangkannya, warga yang berhak menerima Banpres ini yakni, Warga Negara Indonesia, Mempunyai NIK (KTP dan KK), Memiliki Usaha Mikro, Bukan ASN, TNI/Polri serta BUMN atau BUMD, serta Tidak Menerima Kredit atau Pembiayaan dari Perbankan/KUR.

“Bagi pelaku usaha yang memiliki KTP dan domisili berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) dari pemerintah setempat,” ujarnya yang juga selaku Assisten III Setdakot Tomohon.

Adapun, lanjut dia, mekanisme untuk memperoleh bantuan ini yaitu melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon, kemudian diteruskan ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulut, serta diverifikasi oleh BPKP Perwakilan Sulut.

“Jika data UKM tersebut sudah valid, maka akan diteruskan ke Kementerian Koperasi dan UKM dan diverifikasi lagi oleh BPKP Pusat. Untuk proses pencairan akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing pelaku usaha mikro,” terangnya.

Mandagi pun menambahkan, bagi warga yang merasa kurang jelas atau ingin bertanya terkait Banpres ini bisa langsung ke kantor kelurahan setempat. “Karena saat ini masih dalam tahap pendataan penerima bantuan,” pungkas mantan Kabag Humas Setdakot Tomohon itu.(jil)

Terkini