oleh

Bupati FDW dan Wabup PYR Melaunching Palakat Minsel

Bupati FDW dan Wabup PYR Melaunching
Palakat Minsel

MINSEL, Kawanuaterkini.co.id — Bupati Kabupaten Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH, dan Wakil Bupati (Wabup) Petra Yani Rembang, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Denny P. Kaawoan, SE, M.Si, melaunching Palakat Minsel, bertempat di lantai 4, Rabu (05/05/2021). Resmi beroperasi sebagai pusat aduan dan layanan masyarakat Kabupaten Minsel.

Bupati Franky dalam sambutan pada acara launching tersebut menyampaikan, berdasarkan hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan public oleh Ombudsmen Republik Indonesia terhadap produk pelayanan administrasi di Kabupaten Minsel tahun 2019, didapati nilai rata-rata kepatuhan kita berada pada angka 31,14 yang masuk dalam zona kepatuhan rendah.

“Hal ini jelas menandakan ada kekurangan yang fundamental dalam produk pelayanan administrasi. Hal ini tentu harus menjadi perhatian serius kita semua selaku elemen pemerintah yang secara undang-undang telah diberikan mandat untuk melaksanakan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya Bupati Minsel.

Perlu dipahami, lanjut Bupati Franky, bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas. “Untuk mewujudkan hal tersebut, masyarakat juga perlu dilibatkan dalam upaya menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satu langkah nyatanya adalah melalui layanan aduan,” Ujar Bupati Franky Wongkar.

Bupati Franky juga mengungkapkan, Palakat adalah salah satu bentuk terobosan yang kita laksanakan dalam rangka menjamin terselenggaranya pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang sederhana, cepat dan terkoordinasi secara online.

“Baik melalui website Palakat, Facebook Palakat, Instagram Palakat, dan media sosial lainnya, serta layanan call center Palakat,” ungkap Franky Wongkar.

Melalui kehadiran Palakat Minsel, diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memberikan aduan serta memperoleh informasi jelas dan valid sehingga masyarakat dapat mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat, mudah dan paripurna.

“Demikian juga saya harap Palakat Minsel menjadi corong pemerintah daerah dalam mensosialisasikan berbagai program pemerintah, memberikan edukasi kepada masyarakat, memberikan klarifikasi atas isu-isu yang berkembang. Hingga mempromosikan berbagai potensi yang ada di Kabupaten Minsel,” Harap Bupati Franky.

Ditambahkan Bupati Franky, Palakat juga akan menjadi tolak ukur bagi kinerja instansi pemerintah daerah. “Pelayanan publik harus responsif terhadap segala perubahan dan tuntutan masyarakat,” tambahnya.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan peninjauan lokasi ruangan kerja Palakat Minsel oleh Bupati Franky Wongkar dan Wabup Petra Rembang bersama Sekda Denny Kaawoan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Roy Mandey, SH, Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu, STP, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Drs. Ferdinand R. Tiwa, dan Pdt. Fritje Durant S.Th.

(Sel)

Terkini