oleh

Camat Ifke Pondaag : Warga Motoling Timur Sekitarnya, Ayo ke Pasar Lolombulan desa Wanga.

Camat Ifke Pondaag : Warga Motoling Timur Sekitarnya, Ayo ke Pasar Lolombulan desa Wanga.

MINSEL, Kawanuaterkini.co.id — Pasar Lolombulan yang bertempat di desa Wanga Kecamatan Motoling Timur, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sudah mulai beroperasi sejak awal bulan Mei.

Camat Motoling Timur, Ifke Pondaag SE MM saat di temui media kawanuaterkini.co.id Sabtu (29/05/2021) mengatakan pasar Lolombulan ini hanya beroperasi setiap hari sabtu, dan tetap menjalan protokol kesehatan ini menjual berbagai kebutuhan pokok.

“Pada operasi pasar yang digelar, berbagai kebutuhan pokok mulai dari bahan dapur, seperti bawang merah dan putih, rica, tomat, daging, minyak goreng, berbagai kue kering, beras hingga kebutuhan daging seperti tikus, Ular patola, dan jenis lainnya tersedia,” papar Camat.

Foto : Hari pertama pasar, di buku dengan doa

Ia menjelaskan untuk kebutuhan bahan sembako sudah banyak, dan diambil langsung dari pedagang yang ada di kecamatan Modoinding di jual belikan kembali di pasar Lolombulan.

Lanjut Camat mengatakan bahwa untuk para penjual ada beberapa bahan kebutuhan rumah tangga yang belum tersedia yaitu keperluan anak sekolah, seperti buku, sepatu, tas sekolah anak, bagitupun alat-alat rumah tangga seperti tempat sampah, sapu, dan Permainan anak-anak belum tersedia.

Begitu juga dengan kebutuhan pangan makan minum yang belum tersedia saat ini yaitu usaha kopi hitam, Jadi untuk penjual kopi yang biasa langsung diolah langsung di giling dilokasi pasar memang belum tersedia, ujar Camat Ifke.

Ia pun berharap bagi pedagang kopi yang langsung di olah agar supaya berminat untuk datang menjual di pasar Lolombulan Motoling Timur, mengingat dimana masyarakat Motoling Timur penggemar kopi hitam.

Foto : Apel bersama Hukum Tua dan perangkat desa Wanga di pasar Lolombulan.

Camat Ifke juga berharap pasar Lolombulan bisa maju berkembang dalam kegiatan perekonomian, peredaran uang bakan aktivitas boleh beredar di kecamatan Motoling Timur khusus di pasar Lolombulan.

“marilah kita semua masyarakat khususnya kecamatan Motoling Timur dan Sekitarnya, Ayo ke Pasar Lolombulan desa Wanga, dan kita saling menopang untuk dapat mensejahterakan pasar ini, dan bisa menjadi pusat peradaban yang mampu menjadikan manusia unggul dan berkembang,” pungkasnya.

Steven pondaag sekdes desa Wanga mewakili Hukum Tua Frangky Pondaag, ST. mengatakan untuk keadaan fasilitas Umum misalnya WC saat ini sudah tersedia, tapi pengadaan Air bersih belum ada, bagitu juga Listrik itu menjadi kekurangan.

Untuk itu kami juga mengharapkan kepada pemerintah kabupaten agar dapat memberikan batuan berupa akses masuk keluar pasar, karena situasi sekarang masih memakai jalan masuk melalui lapangan desa, yaitu milik dari masyarakat desa wanga ini juga di pakai untuk Fasilitas jalan masuk keluar pasar.

“Kami mengharapkan kepada masyarakat Motoling Timur kiranya untuk berbelanja dan datang ke pasar Lolombulan, kiranya Torang pake ini pasar,” katanya.

Tak lupa juga ia berpesan bagi teman-teman aparat desa dapat mensosialisasikan kembali kepada masyarakat yang ada supaya masyarakat Motoling Timur bisa berbelanja dan bisa menjual produk yang ada di desa dan dapat merasakan manfaat pasar Lolombulan, tutupnya.

(Sel)

Terkini